Selasa, 14 Juni 2011

SEKILAS TENTANG KOMPUTER

A.     Pengertian Komputer

      Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

      Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
      Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
      Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

B.      Generasi komputer

1.      Generasi Pertama

            Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
            Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
            Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
            Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
            Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
            Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
            Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
            Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

2.      Generasi Kedua

            Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
            Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
            Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
            Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
            Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3.      Generasi Ketiga

            Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4.      Generasi Keempat

            Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
            Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
            Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
            Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
            IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
            Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
            Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

5.      Generasi Kelima

            Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
            Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
            Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
            Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
C.      Sejarah Komputer
      Disiplin Ilmu Komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah Alan Turing dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930-an berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rule system. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.
      Penemu algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup di masa tahun 770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini. Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920, dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930.
            Kemudian John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut "von Neumann machine", dimana program disimpan di memori. Arsitektur komputer inilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.
      Tahun 1960 adalah babak baru dimulainya formalisasi Ilmu Komputer. Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai marak dibangun. Disiplin ilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu Komputer (Computer Science), Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputing (Computing), atau Informatika (Informatics).
D.     Definisi Komputer
      Seiring dengan perkembangan Ilmu Komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap Ilmu Komputer. Bagaimanapun juga, dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.
      CSAB [3] (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) membuat definisi menarik tentang Ilmu Komputer:
Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
  1. Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem
  2. Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
  3. Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya
      Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta
E.      Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer
      Beberapa persepsi yang salah kaprah tentang Ilmu Komputer bisa kita rangkumkan seperti dibawah:
  • Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Ilmu Komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer, seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop, atau ilmu biologi adalah juga bukan ilmu yang hanya mempelajari tentang mikroskop. Komputer, teleskop dan mikroskop adalah alat dari ilmu, dan bukan ilmu itu sendiri.
  • Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer.
  • Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasi-aplikasi komputer.
F.       Klasifikasi Ilmu Komputer
      Rangkumkan lengkap klasifikasi ilmu komputer berdasarkan Matriks Denning versi 1999 adalah seperti dibawah. Penulis sengaja melakukan perbaikan, penerjemahan, dan penyingkatan, untuk lebih mempermudah pemahaman terhadap klasifikasi ilmu komputer ini.
 
Teori
Abstraksi
Desain

Algoritma dan Struktur Data
Teori Komputabilitas
Algoritma Paralel dan Terdistribusi
Program Aplikasi

Teori Komputasi Kompleks

Komputasi Paralel
Algoritma Efisien dan Optimal

Teori Graf

Kriptografi

Algoritma dan Teori Probabilistik

Bahasa Pemrograman
Bahasa Formal dan Automata
BNF
Bahasa Pemrograman

Turing Machines

Metode Parsing, Compiling, Interpretation

Formal Semantics
Translator, Kompiler, Interpreter

Arsitektur
Aljabar Boolean
Arsitektur Nueman
Produk Hardware (PC, Superkomputer, Mesin Von Neumann)

Teori Coding
Hardware Reliability

Teori Switching
Finite State Machine
Sistem CAD dan Simulasi Logika

Teori Finite State Machine
Model Sirkuit, Data Path, Struktur Kontrol

Sistem Operasi dan Jaringan
Teori Concurrency
Manajemen Memori, Job Scheduling
Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dsb)

Teori Scheduling
Model Komputer Terdistribusi
File dan File Sistem

Teori Manajemen Memori
Networking (Protokol, Naming, dsb)
Pustaka untuk Utilities (Editor, Formatter, Linker, dsb)

Software Engineering
Teori Reliability
Metode Spesifikasi
Bahasa Spesifikasi

Program Verification and Proof
Metode Otomatisasi Pengembangan Program
Metodologi Pengembangan Software

Temporal Logic
Tool Pengembangan Software
Tool untuk Pengembangan Software

Database dan Sistim Retrieval Informasi
Relational Aljabar dan Kalkulus
Data Model
Teknik Pendesainan Database (Relational, Hierarchical, Network, dsb)

Teori Dependency

Teori Concurrency
Skima Database
Teknik Pendesainan Database Sistem (Ingres, Dbase, Oracle, dsb)

Performance Analysis

Sorting dan Searching
Representasi File untu Retrieval
Hypertext System

Statistical Inference

Artificial Intelligence dan Robotik
Teori Logika
Knowledge Representation
Logic Programming (Prolog)

Semantik dan Sintatik Model untuk Natural Language
Metode Pencarian Heuristic
Neural Network

Conceptual Dependency
Model Reasoning dan Learning
Sistem Pakar

Kinematics and Dynamics of Robot Motion
Model Memori Manusia, Autonomous Learning
Teknik Pendesaian Software untuk Logic Programming

Grafik
Teori Grafik dan Warna
Algoritma Komputer Grafik
Pustaka untuk Grafik

Geometri Dimensi Dua atau Lebih
Model untuk Virtual Reality
Grafik Standar

Teori Chaos
Metode Komputer Grafik
Image Enhacement System

Human Computer Interaction
Risk Analysis
Pattern Recognition
Flight Simulation

Cognitive Psychology
Sistem CAD
Usability Engineering

Ilmu Komputasi
Number Theory
Discrete Approximations, Fast Fourier Transform and Poisson Solvers
Pustaka dan Paket untuk Tool Penelitian (Chem, Macsyma, Mathematica, Maple, Reduce, dsb)

Binary Representation
Backward  Error Propagation

Teori Quantum
Finite Element Models,

Organizational Informatics
Organizational Science
Model dan Simlasi berhubungan dengan organizational informatics
Management Information Systems

Decision Support Systems

Decision Sciences

Organizational Dynamics

Bioinformatik
Teori Komputasi
Model Komputasi DNA Kimia
Organic Memory Devices

Ilmu Biologi
Protipe Retina dari Silikon
Proyek Database Genom Manusia

Medicine
Model Database Genom Manusia
Analisa Komputer Terhadap Struktur Enzim untuk Kesehatan

ACM Computing Classification System (CCS)
Association for Computing Machinary (ACM) sebagai asosiasi ilmiah bidang komputer tertua di dunia juga menyusun sistem klasifikasi untuk bidang komputasi (computing), yang terkenal dengan sebutan ACM Computing Classification System (CSS). ACM Computing Classification System terbagi menjadi tiga level, dimana sistem penyusunannya mirip dengan Dewey Decimal Classification System (DCC) yang saat ini digunakan sebagai standar penyusunan katalog buku di perpustakaan-perpustakaan. Sistem Klasifikasi ini terbagi menjadi tiga besar, berdasarkan tahun dikeluarkannya. Klasifikasi selengkapnya adalah seperti dibawah.
1)      Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
1.      Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
2.      Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
A.1 Menghidupkan Komputer
      Untuk menghidupkan komputer, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  • Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
  • Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan menjalankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer. Jika pada komputer telah terpasang sistem operasi seperti Microsoft Window atau Linux maka selanjutnya komputer akan menjalankan prosedur untuk membuka sistem operasi yang terpasang pada komputer tersebut.
  • Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem. Jika komputer yang kamu gunakan berada dalam suatu jaringan dan mengharuskan kamu melakukan Log in, gunakan username dan password yang telah diberikan.

A.2 Mematikan Komputer
 
Setelah kamu selesai menggunakan komputer, sebaiknya tidak langsung mematikan tombol Power langsung, karena akan menyebabkan kerusakan dalam komputer. Cara mematikan komputer berbeda-beda tergantung dari Sistem Operasi yang digunakan. JIka Sistem Operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
  1. Pilih Tombol Start pada taskbar
  2. Tekan Tombol Turr Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
  • Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power. Keadaan seperti ini membuat komputer dalam keadaan tidur atau komputer sebenarnya tidak mati. Dengan pilihan komputer akan mengkonsumsi tenaga listrik yang rendah.
  • Turn Off, PIlihan digunakan untuk mematikan komputer. Dengan pilihan ini perubahan konfigurasi (setting) Windows XP akan tersimpan terlebih dahuu.
  • Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi. Sebelum memulai kembali, perubahan konfigurasi (setting) Windows XP yang telah dilakukan akan disimpan terlebih dahulu.
·         Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk. Jika kamu menghidupkan kembali secara otomatis.
 
2)      Macam-Macam Perangkat Lunak
Secara umum, software digunakan untuk mempermudah pengorganisasian kinerja Hardware . Dengan adanya software akan mengurangi interaksi manusia pada Hardware yang bermacam-macam.

Kita dapat mengelompokkan software berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware. Dukungan pada hardware dapat digambarkan dalam diagram dibawah ini:
 

Dari gambar terlihat dibawah hardware langsung terdapat software sistem operasi. Software sistem Operasi ini yang melakukan hubungan dengan hardware secara langsung. Hardware yang beroperasi tanpa sistem operasi akan mempunya operasi yang terbatas dan tidak dapat di gunakan untuk menjalasnkan software aplikasi.
Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :
1.         Sistem Operasi
2.         Program Aplikasi
3.         Bahasa Pemrograman
4.         Program Bantu
5.         Program Paket
6.         Program Permainan
7.         Program Multimedia
3)       SISTEM OPERASI
            Sistem operasimerupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi .
Contoh Sistem Operasi :

·         Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, WIndows Me, WIndows XP, Windows Vista, WIndows NT (untuk jaringan).
  • Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
  • Produk Apple : Macintosh
  • Produk IBM : DOS, UNIX
4)      Program Aplikasi
            Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.
5)       Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan.

Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
  • Low Languange Program ( Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
  • Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
  • High Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), Contohnya Pascal, Borland , Fotran
  • 4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ), contohnya Visual Basic, Visual FoxPro
6)  Program Bantu ( Utility )

     Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter, dsbnya.
7)   Program Paket
     Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll.

 

Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw

8)  Program Permainan
                        Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk       menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.

Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories WIndows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia

9)  Program Multimedia
                        Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan    program lainnya.
            contoh Program multimedia yaitu :

            a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
            b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
            c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet
 
H.     Program Microsoft Excel
      Salah satu Program Pengolah Angka yang cukup banyak digunakan di Indonesia, adalah Microsoft Excel, biasa disebut Excel atau Ms.Excel.
Microsoft Excel merupakan program pengolah angka untuk mengelola tabel, operasi fungsi, aritmetika, statistik, logika, dll.
Microsoft Excel diproduksi oleh Microsoft Corporation dari Seatle, USA, milik Bill Gates dkk.
      Saat ini, Excel dijual bersamaan dalam satu paket aplikasi perkantoran, dengan nama Microsoft Office (Ms. Access, Ms. Excel, Ms. Info Path, Ms. Outlook, Ms. Power Point dan Ms. Word
            Secara Default, pertama kali Microsoft Excel ter-install, Layar Editor Microsoft Excel hanya memunculkan 5 toolbar di bagian atas, dan 2 toolbar di bawah, yaitu:

1.Tittle Bar
2. Menu Bar
3. Standar Bar
4. Formatting Bar
5. Formula Bar
7. Bar Tab Sheet dan Scroll Bar Horizontal
8. Status Bar
            Standar Bar dan Formatting Bar biasanya pertama kali berdempetan dalam satu baris, tetapi kita dapat memisahkannya dengan meng-klik and drag salah satu toolbar ke tempat lain. Misalnya klik dan gusur toolbar Formatting ke sebelah bawah Standar Bar.
            Di bagian bawah, hanya muncul dua bar, yaitu Tab Sheet dan Status Bar.
Tetapi, biasanya, kita memerlukan sebuah toolbar lain yang sering kita gunakan, yaitu Toolbar Drawing.
Toolbar ini bias diatur muncul dna tidaknya di bagian bawah layer excel, diantara Tab Sheet dan Status Bar, dengan meng-klik ikon Drawing pada Standar bar di dekat ikon Zoom.
            Tetapi jika mau,. Kamu bias memindahkan toolbar drawing kemana saja kamu suka, bahkan ke samping kasnan atau kiri Layar, dengan cara meng-kli and drag ( klik dan gusur) toolbar tersebut ke tempat yang kita inginkan.
Untuk memunculkan ataumenyembunyikan Toolbar-toolbar Excel, kita bias menggunakan Menu View.
1.Klik Menu View
2.Arahkan ke pilihan Toolbar (jangan di klik)
3.Lihat, Toolbar-toolbar yang aktif atau muncul di layer, akan ditandai dengan tanda checklist atau centang di sebelah kanannya.
4.Untuk me-non-aktifkan toolbar – toolbar yang tidak diperlukan, kamu hilangkan
           tanda checklist atau centang tadi dengan meng-klik nya.
Tapi ingat, secara default, dan yang sering kita gunakan adalah toolbar standar, formatting dan drawing.
            Jadi, silakan atur toolbar sesuai keperluan, tapi apabila computer ini bukan hanya kita yang menggunakan, seperti computer lab, maka, pengaturan Toolbar, jangan sampai membuat orang lain pusing dan kesulitan mencari-cari toolbar yang secara default biasanya muncul di layar excel, OK?
2)      Cara menjalankan Program Excel
            Untuk memulai program pengolah kata Microsoft Excel, banyak sekali cara yang bisa kita lakukan, diantaranya:
            -  DARI TOMBOL START (START BUTTON)
Untuk pengguna Microsoft Excel 2003 dan 2007 dengan OS Windows XP (Home, XP Pro SP1 dan 2 atau Win Server 2003)
1. Klik tombol Start
2. Pilih All Program
3. Pilih Microsoft Office
4. Pilih dan Klik Microsoft Office Excel 2003Simple-nya: Start | All Program | Microsoft Office | Microsoft Office Excel 2003 Sedangkan untuk pengguna Microsoft Office XP dalam OS Windows XP: 1. Klik start 2. Pilih All Program 3. Pilih dan Klik Microsoft Excel atau: Start | All Program | Microsoft Excel
            Untuk Pengguna OS Windows Classic seperti Win95/Win98/WinMe/Win2000 dengan Microsoft Office97 dan Microsoft Office 2000:
Klik start 2. Pilih Program 3. Pilih dan Klik Microsoft Excel atau: Start | Program | Microsoft Excel
            -    DARI DESKTOP (=Tampilan Awal / Tampilan Utama / Tampilan Menu Komputer)
Ini berlaku jika di desktopmu sudah terpasang shortcut dari Microsoft Excel.
1. Arahkan pointer Mouse ke shortcut Microsoft Excel di desktop
2. Klik 2x cepat tanpa jedda (= double click ) pada shortcut Microsoft Excel
3. Tunggu hingga di layar muncul Layar Menu Editor Microsoft Excel.Tetapi jika di
         desktopmu belum terpasang shortcut Microsoft Excel seperti contoh di atas, anda bisa memasangnya dengan cara-cara berikut:
Cara 1
1. Pada Desktop, klik kanan tombol mouse
2. Pilih New
3. Pilih dan Klik Microsoft Excel Worksheet.

Cara 2
1. Klik Start
2. Pilih All Program
3. Pilih Microsoft Office
4. Pilih Microsoft Office Excel 2003, jangan di klik
5. Pada pilihan Ms.Office Excel2003, klik kanan mouse
6. Pilih Send to..
7. Pilih dan klik Desktop (Create Shorcut)

3. DENGAN FASILITAS NEW OFFICE DOCUMENT
Ini berlaku untuk OS windows classic seperti Win 95/98/Me atau 2000

4. Cara lain bisa gunakan fasilitas Quick Launch,
jika terpasang Shortcut Microsoft Excel
3)      Mengenal Lembar Kerja Excel
            Ada juga yang menyebut Layar Editing Microsoft Excel. Yang jelas, setelah kita klik Start | Program | Microsoft Office | Microsoft Office Excel 2003, maka di layar PC kita akan muncul tampilan seperti ini:Secara Umum, seluruh tampilan ini dinamakan Layar Menu Editor Microsoft Excel, dengan uraian bagian sebagai berikut:
Klik pada gambar / image untuk melihat lebih jelas.

1 Title Bar atau Bar Judul
2 Menu Bar atau Toolbar Menu
3 Standar Bar atau Toolbar Standar
4 Formating Bar atau Toolbar Formating
5 Formula Bar atau Toolbar Formula
6 Column Header atau Kepala Kolom
7 Row Header atau Kepala Baris
8 Sheet atau Lembar Kerja
9 Control Window atau Kontrol Jendela Excel
10 Scrollbar Vertical
11 Task Pane
12 Scrollbar Horizontal
13 Tab Sheet
14 Status Bar

1)      TITLE BAR
            Dinamakan juga toolbar Judul, karena toolbar paling atas dalam Excel ini berfungsi menampilkan nama file danprogram yang sedang dijalankan.
Dalam contoh ini, di sebelah kiri tertulis Microsoft Excel - Book 1, yang kalau diterjemahkan sbb: Program yang sedang kita jalankan adalah Program Pengolah Kata Microsoft Excel, dengan nama file: Book 1.
            Book 1 merupakan nama dasar sebuah file dari Ms.Excel, kependekan dari workbook.
apabila nantinya kita simpan atau kita Save, maka nama Book-1 ini akan berubah sesuai dengan nama file (file name) yang kita berikan pada saat menyimpan workbook excel ini.
            Di sebelah kanan terdapat tiga buah pengontrol jendela Excel, yaitu Minimize, untuk menyembunyikan file sementara dari desktop, dan bisa dimunculkan kembali dnegan meng-kliknya di tab yang terdapat pada baris Start Menu di bawah desktop.
di bagian tengahnya ada tombol Maximize dan Restore, yang berfungsi untuk mengatur besarnya jendela Excel di layar, apakah akan diperbesar, atau diatur sekehendak kita.
            Paling ujung terdapat tombol Exit, yang apabila di klik, akan menutup seluruh program Excel yang sedang dijalankan. Meskipun apabila ada data yang belum di save (belum disimpan ke memory penyimpana data), pada saat tombol ini di klik, Excel akan bertanya, apakah data akan di save atau tidak.
2)       MENU BAR
            Toolbar utama ini memuat seluruh perintah untuk Microsoft Excel, yang sebagian juga tersebar dalam toolbar lain.
3)      STANDAR BAR
            Toolbar ini lebih diarahkan untuk me-manage file seperti terdapat fasilitas N
Excel-4 Mengatur Tampilan Jendela Excel
Umh… di posting Excel-3, kita sedang mempelajari Layar Editor Ms. Excel. Jadi, tentunya, anggap saja kita sedang menghadapi Layar Kerja Program Pengolah Angka Microsoft Excel, OK?
            Tapi jika sebelumnya terlanjur ditutup, silakan jalankan lagi dengan cara:
(klik) Start | All Program | Microsoft Office | Microsoft Excel 2003, untuk pengguna Office 2003 dan Widows XP Profesional
Jika Minggunakan Paket Microsoft Office XP, cukup mengklik:
Start | All Program | Microsoft Excel
Sampai muncul Layar Menu Editor Microsoft Excel Seperti ini: (Dalam posting kali ini, saya menggunakan Microsoft Excel dalam Paket Microsoft Office XP dengan OS Windows Server 2003 Standar Edition Jadi mohon maaf kalau tampilannya agak berbeda dengan posting-posting Excel sebelumnya. Tapi... sama saja, kok.. cuma tampilannya agak 'jadul'... classic gitu...)
4)      MENGATUR TAMPILAN JENDELA EXCEL
            Dari Kontrol Windows (Minimize, Restore dan Exit) pada Tittle bar.
Coba klik tombol yang kiri (Minimize)...
OOpss… Layar Excelnya hilang dari layar, kan?
Jangan kuatir, guys… hanya ngumpet eh, sembunyi dari layar, kok.Untuk memunculkannya kembali, coba kamu perhatikan deretan Taskbar dan Start Menu di bawah layar.Klik saja tab Microsoft Excel di bagian Taskbar., maka Layar Excel akan muncul kembali di Layar Monitormu!Jadi, Tab ini berfungsi sebagai Toggle atau Switch (=tombol saklar), kan?.Klik sekali, on atau muncul di layar, jika di klik lagi, akan off atau hilang dari layar…
Sekarang, Klik tombol yang tengah (Restore)
Apa yang terjadi?
Layar mengecil. (Sorry... langsung dijawab!)
Untuk mengembalikan ke tampilan semula, klik tombol (Maximize)
Kalau tombol yang ini paling kanan, (Exit atau Close), fungsinya untuk mengeluarkan atau menutup program Excel, apabila sudah tidak lagi dipergunakan. Jadi, jangan di klik sekarang, ya….
2. Dengan meng-klik 2x (Double click) Tittle Bar atau Bar Judul.
Pada saat layar penuh, jika kita klik dua kali (double click) Tittle Bar, maka Layar Excel akan mengecil, hal ini sama saja dengan meng-klik tombol Restore pada control window, kan?
Sedangkan kalau kita double klik kembali, maka Layar akan kembali membesar sepenuh layer. Hal ini sama saja dengan kalau kita meng-klik tombol Maximize pada saat layar Excel mengecil.
3. Dengan menggunakan Logo Excel
Coba klik Logo Excel yang ada pada Tittle Bar di sudut kana atas.
Kamu bisa lihat, ada menu yang merupakan control window juga.
Jadi lewat Logo Excel pun , kalian dapat mengatur tampilan Jendela Microsot Excel.
Kamu punya cara lainnya?
Silakan tuliskan di bagian komentar, OK?
5)      MENGATUR ZOOM LEMBAR KERJA
1. Perhatikan pada Toolbar Standar. Di sana terdapat sebuah ikon seperti ini.Ini namanya ikon Zoom, untuk mengatur perbesaran Layar Kerja Microsoft Excel.
Secara Default, biasanya Excel mengatur perbesaran pada 100%, tetapi apabila kamu ingin memperbesar atau memperkecil layarnya, tinggal klik tombol panah dropdown di sebelahnya, dan pilih angka perbesaran yang kamu inginkan, misalnya pilih 75% untuk memperkecil layar kerja Excel
bagaimana jika perbesaran (Zoom) yang kita ingin kan tidak ada pada pilihan? Misalnya kita ingin membuat perbesaran menjadi 88%
Klik saja menu dropdownnya, kemudian langsung ganti angka 100% dengan mengetikkan angka 88, kemudian tekan tombol Enter di keyboard.
2. Cara lain mengatur perbesaran, dari menu View.
- Klik menu View | pilih dan klik Zoom
- Kamu bisa memilih perbesaran yang diinginkan, yang terdapat pada pilihan.
- Tetapi jika pada pilihan yang tersedia tidak ada perbesaran yang diinginkna, klik pada pilihan Custom, dan ketik perbesaran yang kamu inginkan, misalnya ketik angka 88 pad kotak disebelah kanan Custom, jika ingin perbesaran sampai 88%.
- Lalu klik tombol OK.
 
6.      Mengenal Sel, Baris, Kolom Dan Range
            Pastikan Program Pengolah Angka Microsoft Excel seang kita jalankan. Jika belum, silakan klik tombol Start | All Program | ms.Office | Ms. Office Excel 2003 atau Start | Program | Microsoft Excel.
            Pada saat pertama kali Workbook Excel dijalankan, Ms. Excel akan meng-aktifkan sebuah Worksheet atau lembar kerja dengan nama Sheet 1 (bisa di lihat di bar tab sheet di bawah, warna tab Sheet 1 berbeda dari dua sheet lainnya)Perhatikan Formula Bar!Pada kotak Name Cells, tertulis A1.
            Perhatikan juga header column A dan header row 1, ternyata warnanya berbeda dengan header lainnya. Ini artinya
header tersebut merupakan header yang aktif tempat pointer dan kursor berada untuk memunculkan data.
            Perhatikan juga kotak di bawah header column A dan di sebelah kanan header row 1, ternyata garis hitam di sekeliling kotaknnya berbeda dari kotak lainnya, lebih tebal, kan?
Ini berarti,
             Kotak A1 yang merupakan pertemuan dari kolom A dan baris k-1 merupakan kotak yang sedang aktif, dimana nantinya apabila kita mengetikkan sebuah data, berupa angka atau huruf , maka akan muncul di kotak aktif ini.
Selanjutnya, kotak ini kita sebut Sel atau dalam bahasa aslinya Cells.
Kotak yang lain pun dinamakan sel.
            Karena Sel merupakan pertemuan dari sebuah kolom dan sebuah baris.
Maka, kotak A1 tadi, seanjutnya, kita sebut sahja, Sel A1, yaitu sel yng merupakan pertemuan baris ke-1 dan kolom A.Untuk memindahkan Sel dari satu sel ke sel lainnya dalam lembar kerja, kita bisa menggunakan cara-cara berikut:
1. Dengan Tombol Keyboard
Contoh: Jika saat ini sel berada pada Sel A1, maka jika kamu tekan tombol panah ke kanan di keyboard, maka sel akan berpindah satu kotak ke sel A2.

2. Menggunakan Mouse.
Arahkan pointer mouse ke salah satu sel, misalnya, arahkan pointer mouse ke sel B3 yang merupakan pertemuan kolom B dan baris ke-3. lalu tepat di tengah-tengah kotak sel B3, klik (klik tombol kiri) mouse.
Maka sekarang, langsung berpindah ke sel B3.
            Sebenarnya, banyak sekali cara-cara yang lain, bauk menggunakan tombol keyboard, kombinasi tombol keyboard, seperti menggunakan kombinasi tombol CTR atau Shift dengan panah, atau kombinasi tombol keyboard dengan mouse.
Insya Allah secara bertahap akan dijelaskan dalam posting berikutnya.... (kalau panjang umur, hehe....)
            Tapi kalau kamu mau ikut menjelaskan cara-cara tersebut di sini... It's OK! Silakan tulis di komentar ya.....

Ohya...
Satu lagi, tentang Range.
Misalnya, Saya akan memblok atau menandai beberapa sel dengan mouse. dengan cara:
Klik mouse di sel B2, tarik (drag) hingga ke sel E2, lalu masih menahan mouse, tarik ke bawh hingga sel E8, kemudian lepaskan mouse, dan hasilnya seperti illusrasi berikut:Coba lihat wilayah, sorry, Area yang gelap dari mulai sel B3 sampai E8. Kalau kita perhatikan , area yang kita blok atau kita tandai tadi terdiri dari sekumpulan sel yang selanjutnya, kumpulan sel ini kita namakan Range.

Jadi... kesimpulannya....
Sel atau Cells, merupakan pertemuan antara kolom dan baris.
Kolom atau Column, merupakan lajur yang memanjang secara vertikal dari mulai header column sampai ke bawah, kalau tidak salah... (ya bener, lah..) ada sekitar 256 kolom dari kolom A,B,C,.... sampai kolom IV)
Baris, atau Row, merupakan lajur yang memanjang horisontal dari mulai kepala baris sampai kekanannya. Ada 65536 baris, loh...
Sedangkan Range, merupakan kumpulan dari beberapa sel.
Blok atau Mem-Blok, maksudnya, adalah menandai sesuatu sel, atau range, atau teks, untuk selanjutnya kita bisa melakukan apasaja sesuai maksud kita, misalnya mengubah huruf pada teks yang ditandai atau diblok, mewarnai huruf, memberi garis tabel, dan lain sebagainya.

(Dalam posting kali ini, saya menggunakan Microsoft Excel dalam Paket Microsoft Office XP dengan OS Windows Server 2003 Standar Edition Jadi mohon maaf kalau tampilannya agak berbeda dengan posting-posting Excel sebelumnya. Tapi... sama saja, kok.. cuma tampilannya agak 'jadul'... classic gitu...)
 
7.      TOMBOL MATEMATIKA PADA EXCEL
Tombol Matematika pada Excel ada 5 macam
1. + untuk penambahan
2. - untuk pengurangan
3. * untuk perkalian
4. / Untuktuk pembagian
5. ^ untuk pangkat

Untuk lebih jelasnya ketik contoh dibawah ini:
Untuk rumus pada excel harus diawali dengan tmbol = (sama dengan).
Pada Cell C6 isilah rumus : = A6+B6 dan seterusnya sampai cell c13

Pada cell D6 isilah rumus : =A6-B6 dan seterusnya sampai cell d13

Pada Cell E6 isilah rumus : =A6*B6 dan seterusnya sampai sell E13

Pada Cell F6 Isilah rumus : = A6/b6 dan seterusnya sampai cell F13

Pada cell G6 isilah rumus : = A6^B6 dan seterusnya hingga cell G13.

Lihatlah hasilnya akan muncul hasil antar ANGKA1 & ANGKA 2


Menampilkan dan Menyembunyikan Toolbar Excel
Secara Default, pertama kali Microsoft Excel ter-install, Layar Editor Microsoft Excel hanya memunculkan 5 toolbar di bagian atas, dan 2 toolbar di bawah.,aitu:
1. Tittle Bar
2. Menu Bar
3. Standar Bar
4. Formatting Bar
5. Formula Bar
7. Bar Tab Sheet dan Scroll Bar Horizontal
8. Status Bar
Standar Bar dan Formatting Bar biasanya pertama kali berdempetan dalam satu baris, tetapi kita dapat memisahkannya dengan meng-klik and drag salah satu toolbar ke tempat lain. Misalnya klik dan gusur toolbar Formatting ke sebelah bawah Standar Bar.
Di bagian bawah, hanya muncul dua bar, yaitu Tab Sheet dan Status Bar.
Tetapi, biasanya, kita memerlukan sebuah toolbar lain yang sering kita gunakan, yaitu Toolbar Drawing.
            Toolbar ini bias diatur muncul dna tidaknya di bagian bawah layer excel, diantara Tab Sheet dan Status Bar, dengan meng-klik ikon Drawing pada Standar bar di dekat ikon Zoom.
Tetapi jika mau,. Kamu bias memindahkan toolbar drawing kemana saja kamu suka, bahkan ke samping kasnan atau kiri Layar, dengan cara meng-kli and drag ( klik dan gusur) toolbar tersebut ke tempat yang kita inginkan.
            Untuk memunculkan ataumenyembunyikan Toolbar-toolbar Excel, kita bias menggunakan Menu View.
1.Klik Menu View
2.Arahkan ke pilihan Toolbar (jangan di klik)
3.Lihat, Toolbar-toolbar yang aktif atau muncul di layer, akan ditandai dengan tanda checklist atau centang di sebelah kanannya.
4.Untuk me-non-aktifkan toolbar – toolbar yang tidak diperlukan, kamu hilangkan tanda checklist atau centang tadi dengan meng-klik nya.
            Tapi ingat, secara default, dan yang sering kita gunakan adalah toolbar standar, formatting dan drawing.
Jadi, silakan atur toolbar sesuai keperluan, tapi apabila computer ini bukan hanya kita yang menggunakan, seperti computer lab, maka, pengaturan Toolbar, jangan sampai membuat orang lain pusing dan kesulitan mencari-cari toolbar yang secara default biasanya muncul di layar excel, OK?
Rumus Logika If sering digunakan untuk mengetahui hasil logika yang membutuhkan jawaban lebih dari satu pilihan Seperti untuk pembuatan Daftar Nilai, Daftar harga Barang serta kode golongan penggajian, Untuk contoh buatlah Daftar nilai seperti dibawah ini kemudian Isi nilai rata-rata menggunakan rumus Average dan Untuk keterangan Lulus atau tidak menggunakan IF.
 
ISILAH NILAI MAPEL MASING MASING SISWA SEPERTI DIATAS
ISILAH NILAI RATA-RATA PADA SEL G7 DENGAN RUMUS =AVERAGE(C7:F7) LALU COPY RUMUS INI KEBAWAH.
ISILAH KETERANGAN PADA SEL H7 DENGAN RUMUS =IF(G7>55,"LULUS","TIDAK LULUS") DENGAN KETENTUAN BAHWA SISWA YANG NILAINYA 55 KEBAWAH TIDAK LULUS.

 
1)      PENDAHULUAN
            Microsoft Power Point merupakan salah satu aplikasi milik Microsoft, disamping Microsoft Word dan Microsoft Excel yang telah banyak kenal. Ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office. Pada dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point berfungsi untuk membantu user dalam menyajikan presentasi. Aplikasi ini menyediakan fasilitas Slide untuk dapat menampung pokok-pokok pembicaraan point-point yang akan disampaikan pada Audience.
            Dengan fasilitas, Animation, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas: Font Picture, Sound dan Effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang lebih bagus. Bila keadaan ini dapat disajikan, maka para pendengar dapat kita tarik perhatiannya untuk menerima apa yang ingin kita sampaikan.
            Setiap lembar tayangan berisi materi disebut Slide. Agar slide yang sedang dibangun dapat menarik, tujuan kita dalam menyampaikan suatu topik dapat tercapai, dan dapat dimengerti oleh audience dengan efektif, sebaiknya buat terlebih dahulu point bahasan yang perlu dicantumkan pada slide secara garis besar, dan diikuti sub point dari masing-masing point yang ada dan lengkapi dengan gambar, karikatur pada slide yang dimaksud. Berilah bullet, font, dan color yang menyolok pada point yang paling utama agar menjadi pusat perhatian.
 
2)      PEMAHAMAN TOOLBAR
            Toolbar merupakan salah satu bagian yang paling penting dari Power Point. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang Anda inginkan. Bila icon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, Anda tinggal menekan icon tersebut sekali lagi.
            Untuk mengaktifkan masing-masing Toolbar, gunakan Menu View, Toolbar, kemudian tandai nama Toolbar yang ingin ditampilkan, sehingga muncul tanda cek didepan nama jenis toolbar.
 
3)      PENGGUNAAN MENU
            Pada kondisi Default, Menu Bar Power Point terdiri dari sembilan kelompok menu. Mulai dari File di ujung kiri sampai Help di ujung kanan. Untuk mengakses perintah pada salah satu menu, cukup klik nama perintah yang diinginkan. Pada layar akan muncul kotak dialog yang berhubungan dengan perintah tersebut
 
4)      MEMULAI POWER POINT
            Untuk memulai Power Point ada beberapa tahap yang harus dilakukan, yaitu:
1. Buka Start Menu, dan pilih Programs, Microsoft Power Point (Lihat gambar 3). Setelah itu akan muncul kotak dialog Power Point, yang mana nantinya akan diberikan 4 pilihan, dan kita dapat memilih salah satu options tersebut: Auto Content Wizard, Template, Blank Presentation, atau Open Existing Presentation.

2. Setelah kita pilih salah satu, klik OK atau tekan Enter. Selanjutnya, akan muncul layar New Slide dan tentukan AutoLayout yang kita inginkan.
3. Pilih OK atau tekan Enter.
 
5)      TAMPILAN JENDELA POWER POINT
            Setelah kita melakukan kesemua hal di atas, kita akan melihat layar Power Point dan mulailah untuk membuat Presentasi yang kita inginkan.
Keterangan:
Kotak Placeholder, untuk meletakkan aneka objek presentasi.
Kotak dialog, kotak yang muncul pada layar bila kita mengaktifkan salah satu menu.
Kita bisa mengatur berbagai pilihan yang tersedia di dalamnya.
Status Bar, pada bagian ini ditemukan dua indikator.
Dari kiri kekanan adalah indikator tampilan slide, dan indikator template.
Menu Bar, disebut juga dengan Pull Down Menu. Bila kita mengklik salah satu menu maka akan terbuka sekelompok menu lain yang berhubungan dengannya.
Scrool Box, yaitu vertikal sisi kanan layar dan horizontal di sisi bawah layar.
Toolbar, seperangkat icon yang berfungsi untuk menggantikan perintah-perintah yang terdapat pada menu Bar.
 
6)      MENYIMPAN DAN MENUTUP POWERPOINT
Menyimpan Presentasi
Saat pertama kali menyimpan presentasi, gunakan menu File, Save As. Aplikasi akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama file yang kita inginkan pada bagian File Name.
Ketikkan nama file yang kita inginkan pada bagian File Name. Pilih atau ubah drive penyimpanan pada Menu Save in. Klik OK untuk mengakhiri penyimpanan.

Menutup Presentasi
Setelah selesai bekerja dengan sebuah presentasi dan menyimpannya, Kita tentu ingin menutup presentasi tersebut. Gunakan menu File, Close atau mengklik tombol bergambar pada sudut kanan atas jendela.
 
7)      MEMBUKA PRESENTASI
            Saat PowerPoint dijalankan, kotak dialog PowerPoint akan muncul pada layar. Ada empat pilihan pada kotak dialog ini, meliputi Template, Blank Presentation, AutoContent Wizard, dan Open Existing Presentation.
            Tampilan kotak dialog pada gambar 6 di atas digantikan dengan penggunaan TaskPane pada versi PowerPoint yang lebih tinggi.
            Bila kita ingin memakai file-file presentasi yang sudah disediakan oleh PowerPoint, pilih Template. Bila ingin membuat presentasi dari halaman "kosong" tanpa warna atau style, pilih Blank Presentation. Sementara bila kita membutuhkan panduan tahap demi tahap selama pembuatan, pilihlah AutoContent Wizard.



Pilihan Autocontent Wizard
           
Bila kita memilih ini, pada layar akan muncul secara berurutan enam buah kotak dialog dengan berbagai pilihan dan kotak isian di dalamnya, beserta langkah sistematisnya. Selanjutnya tinggal memilih wizard yang sesuai dengan kebutuhan presentasi yang sedang disiapkan
Pilihan Template
Bila kita menggunakan ini untuk membuat presentasi baru, kita tinggal mengklik ganda salah satu icon template yang tersedia pada kotak dailog New Presentation. Ada empat kelompok template, yaitu:
· General berisi presentasi kosong.
· Presentation Design berisi lebih dari 20 design template profesional
· Presentations berisi template presentasi yang siap diatur dan memiliki tema khusus.
· Web Pages berisi template presentasi untuk keperluan publikasi dalam Internet.

Untuk memilih Template, klik menu Format, Apply Design Template.
Pilihan Blank Presentation
            Bila kita memilih ini, pada kotak dialog PowerPoint akan muncul kotak dialog New Slide. Kita bisa memilih salah satu tata letak presentasi yang tersedia.
            Tata letak slide dapat diubah setiap saat, caranya klik menu Format, Slide Layout atau dengan menekan tombol Slide Layout pada status bar. Setelah slide dibuat, kita bisa menyisip slide baru dengan mengklik menu Insert, New Slide atau dengan mengklik tombol New Slide pada Toolbar standard.
Pilihan Open An Existing Presentation
            Selain membuat presentasi baru, kita juga bisa membuka file-file yang telah dibuat sebelumnya yang tersimpan pada Harddisk dan Disket. Pada layar akan muncul kotak dialog Open. Kita bisa mencari file presentasinya.

8)      BEKERJA DENGAN TEKS
Mengetikkan Teks
Untuk mengisikan teks kedalam slide, kita cukup mengganti teks contoh (Clik to Add) yang berada pada kotak-kotak placeholder. Pada saat kita mengklik kotak placeholder, sebuah bingkai akan muncul mengelilinginya. Ini menandakan kotak tersebut telah dipilih dan siap untuk diisi teks. Pada saat yang sama teks contoh akan lenyap, ketikkan teks yang akan ditampilkan pada kotak tersebut. Setelah teks diketikkan, klik ruang kosong diluar bingkai untuk kembali ketampilan semula. Atau bisa juga dengan mengklik tombol Text Box pada Toolbar Drawing untuk menyisipkan kotak teks. Mulailah mengetikkan teks yang kita inginkan.
MEMFORMAT TEKS
Perataan Teks
Didalam slide PowerPoint, pengertian perataan teks adalah posisi teks pada kotak Placeholder. Rata pada pinggir kirikah, rata pinggir kanankah, dan seterusnya. Format semacam ini diperlukan untuk teks-teks tertentu misalnya judul document memakai teks yang berada diposisi tengah.

Untuk mengatur perataan teks ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1. Pilih teks yang akan diatur perataannya, lalu klik menu Format, Alignment.
2. Pada menu yang tampil, klik salah satu pilihan. Left berarti rata kiri, Right berarti rata kanan, Centered berarti rata tengah, dan Justify berarti rata kedua sisi.
Format Huruf
Pilih teks yang akan diubah format hurufnya, lalu klik menu Format, Font. Langkah selanjutnya, kita atur pilihan-pilihan yang disediakan kotak dialog Font.

Dapat juga kita mengatur format huruf dengan menggunakan tombol-tombol pada toolbar Formatting.

Jarak Baris dan Paragraf
Jarak baris merupakan jarak antara suatu baris teks diatas serta di bawahnya. Di sini kita bebas mengatur jarak baris secara bebas. Jarak Paragraf merupakan jarak antara suatu paragraf dengan paragraf di bawah dan di atasnya.

Untuk menentukan jarak baris dan paragraf dapat kita lakukan dengan memilih teks atau paragraf yang akan diubah, kemudian klik Format, Line Spacing. Klik tanda panah pada kotak Line Spacing, Before paragraf dan After paragraf. Atau bisa juga dengan mengetikkan langsung pada kotak tersebut untuk mengubah jarak baris / paragraf keukuran yang diinginkan.

Bullet
Adalah suatu peneomoran dengan menggunakan bentuk-bentuk geometris seperti lingkaran, bujur sangkar, garis, panah, dan lain-lain. Untuk memformat Bullet, pilih teks yang akan diberi bullet, lalu klik menu Format, Bullet.

Kotak dialog akan muncul dilayar. Pada kotak Bullets From, pilih jenis huruf yang ingin dipakai sebagai bullet. Kita juga bisa memilih warna dari kotak Color. Dan untuk mengubah ukuran bullet, atur kotak Size.

Teks Efek Khusus
Beberapa bagian slide membutuhkan penanganan khusus. Agar lebih menarik perhatian, format huruf dekoratif bisa dipakai untuk menulis teks. PowerPoint menyediakan fasilitas WordArt untuk hal ini. Untuk mengaktifkannya, klik menu View, Toolbars, WordArt. Toolbar WordArt akan tampil dilayar.

Untuk menyisipkan teks, klik tombol Insert WordArt. Kotak dialog akan muncul dilayar. Pilih salah satu efek yang diinginkan, lalu klik OK.

MENYISIPKAN GAMBAR DAN FOTO
Membuat Gambar

Untuk mulai menggambar, klik menu View, Slide dan klik menu View, Toolbars, Drawing Toolbars. PowerPoint telah menyediakan fasilitas pembuatan gambar, caranya klik tombol AutoShapes pada Toolbar Drawing.
            Ada enam pilihan bangun, yaitu; Lines (macam-macam garis), Basic Shapes (bangun sederhana), Block Arrows (macam-macam panah), Flowchart (simbol-simbol diagram alir), Stars and Banners (bintang dan banner), dan Callouts (kotak keterangan gambar). Arahkan pointer kemasing-masing pilihan untuk melihat isinya.

Mengatur Posisi Objek Pada Slide
Kita bisa menggunakan fasilitas ini dengan mengklik tombol Draw, Align or Distribute (Bila menu ini nonaktif, klik pilihan Relative to Slide untuk mengaktifkannya). Klik tombol yang sesuai dengan keinginan kita.

Menyisipkan Foto
Kita dapat langsung menyisipkan foto kedalam slide, caranya: tempatkan pointer mouse kebagian document yang ingin disisipi, kemudian klik menu Insert, Picture, From File.

Menyisipkan Media Audio Visual
Media audio visiual seperti movie, sound, lagu, animasi dan atau suara yang langsung bila hardware komputer yang tersedia memungkinkan. Langkah penyisipan melalui tandar toolbar Insert sebagai berikut

Selain objek penyisipan tersebut di atas, masih terdapat banyak objek lain yang dapat disisipkan dalam slide PowerPoint seperti terlihat pada pilihan menu Insert gambar 21. Objek lain yang dapat disisipkan diantaranya adalah, Organisation Chart, Tabel, Diagram, Chart dan sebagainya.

Sisipan dokumen lain dapat dilakukan pula dari Ms Word dan atau Ms Exel melalui menu Insert, Object dan klik pilihan objek sumber lain yang diinginkan.


PENUTUP
Menjalankan Presentasi
Saat menjalankan presentasi pada layar komputer (on-screen), seluruh layar akan digunakan dan komponen-komponen layar seperti toolbar, menu, dan lain-lain akan hilang dari layar. Cara menjalankan presentasi ini cukup sederhana, buka presentasi yang akan dijalankan, lalu klik menu View, Slide Show atau menu Slide Show, View Show. Bisa juga digunakan KeyStroke F5, tapi perlu diingat bahwa cara ini akan selalu membawa kita pada presentasi yang dimulai dari slide pertama.

Selanjutnya untuk menuju slide-slide yang lain kita bisa menggunakan salah satu: enter, panah, tuts N (next) dan tust P (previous) pada keybord. Bisa juga menggunakan klik kiri pada mouse dan atau scroll maju (untuk next) dan mundur (untuk previous).

Untuk menuju halaman tertentu, klik kanan mouse sehingga muncul dialog box pada Gambar 22, klik Go, By Title dan pilih slide yang akan dituju sesuai dengan titlenya.

Memilih Media Presentasi dan Mencetak Presentasi
Memilih Media Media presentasi adalah bahan atau alat yang dipakai untuk menyajikan presentasi. Untuk memilih media presentasi, klik menu File, Page Setup. Kotak dialog akan muncul, isikan sesuai yang kita inginkan.

Mencetak Presentasi
Kita dapat mencetak komponen-komponen presentasi mulai dari slide, notes pages, handout, sampai outline. Untuk mencetak salah satu komponen, klik menu File, Print. Kotak dialog akan muncul di layar. Pada bagian Print What, pilih komponen yang akan dicetak.

Jenis cetak yang dibuat seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Sebagai contoh bila dipilih Print what Handouts, Color Grayscale, Slides per pages 4 maka akan kita peroleh printout dengan bentuk satu lembar berisi 4 slide dengan warna gambar backgraound abu-abu dan text hitam.
 
J.        Menjalankan Corel Draw 12
      CorelDraw 12 merupakan salah satu software desain grafis yang sangat terkenal. Berbagai fasilitas untuk mendesain tersedia di sini sehingga memudahkan para penggunanya untuk memanfaatkannya. CorelDraw 12 dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat brosur, membuat pamphlet, surat undangan, majalah, brosur dan cover buku yang menarik.
Supaya dapat membuahkan hasil yang menarik, diperlukan latihan-latihan. Sebagai bahan latihan, akan saya paparkan tips & triks menggunakan coreldraw. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua…
Membuka Corel Draw
Klik Start  All Programs  pilih CorelDRAW Graphics Suite 12  Klik CorelDraw 12.
Cara lain: Klik shortcut di desktop yang bertuliskan CorelDraw 12.
Tampilan Corel Draw
o Menu utama (1)  terdiri dari menu-menu untuk mengoperasikan CorelDraw 12.
o Standar (2)  perintah-perintah pada menu utama
o Property bar (3)  berisi tombol-tombol perintah tambahan.
o Tool box (4)  berisi alat untuk mendesain gambar.
o Ruler (5)  sebagai garis pengukur objek
o Color Pallete (6)  berisi perintah untuk memilih warna objek.
o Pages (7)  sebagai petunjuk halaman yang aktif.
o Lembar kerja (8)  halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.
 
Menu menu pada Corel draw 12
-Menyimpan Desain File
Klik menu File à Save à tulis pada filename nama filenya à tekan Save.
-Menutup File
Klik menu File à klik Close.
-Menutup Program CorelDraw 12
Klik menu File à klik Exit.
-Mengatur Ukuran/ Jenis Kertas
Klik menu File à New à klik kotak Paper Type/Size pada property bar pilih jenis kertas yang anda inginkan. Misalkan letter, legal, tabloid dsb.
-Mengatur unit satuan
Klik Drawing Unit pada property bar untuk memilih unit satuan yang anda inginkan. Misalkan: inches, millimeters, dsb.
-Menampilkan dan mengatur Grid
Klik menu View à Grid à garis grid akan ditampilkan.

Jika anda ingin mengubah garis grid menjadi titik-titik, klik menu View à Grid and Ruler Setup à muncul kotak dialog, pilih Show grid as dots untuk mengubah garis menjadi titik-titik.

-Menambah halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Insert Page After.
-Menghapus halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 à Klik kanan, pilih Delete Page Before.
-Mengubah nama halaman dalam satu file
Klik Pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 à Klik kanan, pilih Rename.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Ketik www.yahoo.com

 
pilih menu MAIL kemudian klik menu SIGN UP spt berikut :
 
 
kemudian pilih menu FREE –EMAIL :



 
kemudian isilah pertanyaan dibawah ini:


Isilah pertanyaan pertanyaan tersebut diatas dengan lengkap, jangan sampai ada yang terlewatkan tidak di isi,
YAHOO ID adalah nama E-MAIL ANDA,
Ibarat surat ,email adalah kotak surat agar orang tau alamat anda jika akan mengirim surat kepada anda, sehingga yahoo id sebaiknya di isi dengan nama yang mudah di ingat dan mudah di tulis , jangan yang berbelit belit.
PASSWORD adalah kode rahasia yang harus di isi oleh pemilik e-mail. Berbentuk kata yang mudah di ingat tapi tidak boleh orang lain tau keciali pemilik e-mail.
Passwor gunanya untuk membuka surat e-mail, jika kita di kirimi e-mail, bisa berupa surat, foto, logo, atau kartu ucapan.
Password di isi dua kali dan hurufnya harus sama dengan passworD sebelumnya.


Setelah anda isi semua pertanyaan dari yahoo, kemudian ketik pada kota kosong tulisan yang ada dalam kotak dibawahnya, kemudian klik tulisan
SUBMIT THIS FORM, Jika nama e-mail yang anda buat sudah ada yang memiliki maka yahoo akan meminta kita untuk mengganti nama yahoo.id baru, jika belum ada yang punya , maka email anda sudah jadi dan anda akan memperoleh sebuah surat dari yahoo yang isinya petunjuk penggunaan e-mail yahoo.
Cobalah hingga berhasil membuat e-mail anda
 
L.       WEB BROWSER
Penjelajah web (Inggris: web browser), disebut juga peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.
 
Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic.
 
Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.
 
 
Keterangan gambar pada toolbar
  1. back digunakan untuk kembali kehalaman website yang dibuka sebelumnya.
  2. Forward digunakan untuk kembali ke alamat berikutnya yang pernah dibuka.
  3. Stop digunakan untuk menghentkan proses menampilkan halaman website.
  4. Refresh digunakan untuk mengulangi proses membuka sebuah website
  5. Home digunakan untuk kembali ke halaman yang pertama dibuka
  6. Search digunakan untuk menampilkan jendela pencarian
  7. Favorite digunakan untuk menyimpan  alamat web yang sering dikunjungi
  8. Media digunakan untuk menampilkan website yang berhubungan dengan multimedia
  9. History digunakan untuk menampilkan jendela website yang berisi alamat web yang pernah dibuka.
  10. Email digunakan untuk membaca email atau berita
  11. Print digunakan untuk mencetak halaman web yang sedang dibuka.

Bagian bagian pada Web Browser
Pada dasarnya Menumenu yang ada pada web browser diatas  sama kegunaanya Cuma perbedaanya adalah letak menu menu tersebut .antara webrowser yang satu dengan lainya.
 
Title Bar
Title bar adalah baris judul yang terdapat pada bagian paling atas sebuah web browser.
Title bar akan menampilkan judul sebuah website yang sedang dibuka. Dan pada  bagian sebelah kanan title bar terdapat 3  menu untuk mengatur jendela browser  yaitu: minimize,  restore dan Close.
 
 
 
Menu Bar
Yaitu menu menu yang terdapat dibagian atas web browser yang berupa tulisan yang dapat di klik menggunakan mouse untuk membuka menu tersebut.
Contoh pada Internet Explorer ada menu bar :FILE-EDIT-VIEW-FAVORITE-TOOLS-HELP.
 
Tool Bar
Yaitu menu menu  yang berupa gambar gambar kecil yang bergambar tombol tertentu ,untuk menjalankanya dengan mengeklikmouse pada gambar tersebut.
 
Address Bar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar